KURIKULUM 2013

kurikulum-2013

Mulai tanggal 29 November 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan Draft Resmi Kurikulum 2013. Draft ini juga bisa diuji publik secara online dihttp://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/.

Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama, penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Tahap kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Nopember 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada tanggal 22 Nopember 2012. Tahap ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen masyarakat.

Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui saluran daring (on-line) yang dapat Anda ikuti pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id.

Adapun Draft Resmi Kurikulum 2013 per jenjang sekolah beserta penjelasannya seperti dibawah ini:

PENGEMBANGAN STRUKTUR KURIKULUM SD

kurikulum 2013 sd

PENJELASAN :

Kurikulum yang saat ini berlaku adalah seperti yang terlihat di sebelah kiri, sedangkan usulan struktur kurikulum baru terdiri atas dua alternatif, yaitu alternatif 1 dan alternatif 2. Kurikulum yang saat ini berlaku Terdiri atas 3 komponen A, B dan C. Kelas 1 s/d 3 diintegrasikan dalam bentuk tema sedangkan kelas 4 s/d 6 komponen mata pelajaran terdiri atas 8 mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran per minggu mulai kelas 1 s/d 6 adalah 26, 27, 28, 32, 32, dan 32. Usulan alternatif: Kelompok A terdiri atas 4 mata pelajaran. Kelompok B terdiri atas 2 mata pelajaran. Mata pelajaran IPA dan IPS diintegrasikan dalam mata pelajaran-mata pelajaran di kelompok A. Sedangkan Muatan Lokal diintegrasikan dalam mata pelajaran-mata pelajaran di kelompok B.

PENGEMBANGAN STRUKTUR KURIKULUM SMP

kurikulum 2013 smp

PENJELASAN :

Kurikulum yang saat ini berlaku adalah seperti yang terlihat di sebelah kiri, sedangkan usulan struktur kurikulum baru di sebelah kanan. Kurikulum yang sekarang berlaku terdiri dari komponen Mata pelajaran, Komponen Muatan Lokal dan Komponen Pengembangan Diri. Komponen mata pelajaran terdiri atas 10 mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran kelas 7 s/d 9 adalah 32, 32 dan 32. Usulan struktur kurikulum baru terdiri atas kelompok A yang terdiri dari 7 mata pelajaran dan kelompok B yang terdiri dari 3 mata pelajaran. Muatan Lokal diintegrasikan dalam kelompok B. Jumlah jam pelajaran di tiap kelas bertambah masing-masing sebanyak 6 jam pelajaran per minggu sehingga menjadi 38 jam.

PENGEMBANGAN STRUKTUR KURIKULUM SMA dan SMK

kuikulum 2013 sma

 

kurikulum 2013 smk

PENJELASAN :

Struktur kurikulum SMA yang sekarang sedang berlangsung adalah penjurusan dilaksanakan mulai kelas 11. Terdiri atas jurusan IPA, IPS, Bahasa dan Keagamaan. Untuk kelas 10 jumlah mata pelajaran yang diajarkan adalah 16 mata pelajaran ditambah dengan Muatan Lokal dan Pengembangan Diri dengan jumlah jam pelajaran per minggu sebanyak 38 jam pelajaran. Untuk kelas 11 dan 12 baik IPA, IPS, maupun Bahasa maing-masing 15 mata pelajaran dengan jumlah jam pelajaran masing-masing 39 jam pelajaran. Untuk jurusan keagamaan terdiri dari 15 mata pelajaran dengan jumlah jam pelajaran 38 jam pelajaran per minggu.

source :http://ariasdimultimedia.wordpress.com

About these ads

About aram

Anak bungsu dr 9 bersaudara, cerdas, strong, tampan do nian alai maol lakku.. (wew//!) saat ini sedang meniti karir di Pemerintah Daerah Aceh Tenggara. Horas..!

Posted on 4 April 2013, in PENDIDIKAN. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Gmn Nasib guru tik klo dihapuskan????? :(

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: